Tiga Hakim PN Tangerang Dilaporkan ke Komisi Yudisial

Ado Richard Kamis | 09 Agustus 2018 | 16:38 WIB
Tiga Hakim PN Tangerang Dilaporkan ke Komisi Yudisial
Foto: Istimewa

BeritaNusa - Jakarta, Kamis (9/8/2018), Tiga orang hakim Pengadilan Negeri Tangerang Sultoni Mohdally, Sudrajad Dimyati, dan Panji Widagdo dilaporkan ke Komisi Yudisial (KY) oleh PT Libros Derap Abadi pada Selasa (7/8) kemarin atas dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim (KEPPH).

Tim kuasa hukum PT. Libros Derap Abadi, Moh Solihin HD, S.H dan Budianto, S.H, M.H, menyampaikan, Laporan dugaan pelanggaran KEPPH ini didasari karena permohonan kasasinya ditolak dan diputus cepat hanya berselang dua hari sejak berkas/dokumen perkara diterima Majelis Kasasi pada 20 Desember 2017 lalu.

Terkait pelaporan tersebut, Juru Bicara KY Farid Wajdi mengatakan kewenangan pengawasan hakim yang dilakukan KY bukan menilai apakah adil atau tidak putusannya atau benar atau salah putusannya, tetapi menelusuri dan membuktikan dugaan pelanggaran KEPPH.

Saat ini, KY masih mempelajari berkas laporan, menganalisis, dan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan terbukti atau tidaknya dugaan pelanggaran KEPPH terhadap ketiga hakim yang diaporkan tersebut.